“Keadaan paling dekat seorang hamba dari rabbnya adalah ketika dia dalam keadaan sujud, maka perbanyak doa (di dalamnya).” (HR. Muslim)
Home » » Tujuh (7) Amalan Harian Rasululloh SAW

Tujuh (7) Amalan Harian Rasululloh SAW





SubhanAllah, walhamdulillah, wala ilaha illallahu wallahu Akbar.

Sahabatku yang dirahmati ALLAH, semoga hidayah, petunjuk Allah, pertolongan Allah, senantiasa menyertai kita, dimanapun, kapan pun, dan insya Allah dalam kondisi bagaimana pun.

Shalawat dan salam selalu bagi hamba pilihan Allah, Nabi Muhammad Saw, bagi keluarga beliau, para sahabat beliau, dan insya Allah bagi seluruh pengikut beliau hingga akhir zaman nanti. Amin ya mujibassa ‘ilin.

Kali ini kita akan membahas 7 Sunnah Harian Nabi Muhammad SAW

Sahabatku, hidup kita ini terdiri dari hari-hari, jam, menit, dan detik. Orang-orang yang beriman pasti menyadari bahwa hidup ini amat cepat berlalu. Bahkan hidup ini terasa hanya sekejap saja.  Bagaimana tidak disebut sekejap? Kita bisa bayangkan, rasanya baru kemarin kita berusia sepuluh tahun, dua puluh tahun, saat kita masih menjadi anak-anak, tau-tau sekarang sudah punya anak.

Atau mungkin saat kita membayangkan dahulu menjadi seorang cucu, tau-tau sekarang kita sudah punya cucu. Tau-tau sekarang sudah lima puluh tahun, enam puluh tahun, ini semua kita lalui dengan sekejap.

Maka pasti tebersit di benak kita, membayangkan mereka yang telah wafat, sepuluh abad yang lalu, lima abad yang lalu, seabad yang lalu, sepuluh tahun yang lalu, atau yang baru saja meninggal, apa yang mereka rasakan di alam kubur saat ini? Bukankah semua peristiwa itu dilalui dalam sekejap?

Alhamdulillah, kita belum wafat. Kita belum ada di alam kubur. Kita masih hidup. Nah, disinilah cerdasnya orang beriman. Kesadaran bahwa hidup ini hanyalah sekejap, maka diolahlah hidup yang sekejap ini dengan amat berarti untuk kehidupan yang kekal di hari akhirat nanti. Dan ini memotivasi diri kita, mendorong diri kita untuk selalu berbuat baik.

Mumpung masih hidup. Dan kita tidak mau terjebak oleh hanya karena keenakan sekejap, tapi menderita berkepanjangan. Dari mulai malas, berbuat sia-sia, apalagi berbuat maksiat dan kezaliman. Na’udzubillahi min dzalik. Menyebutnya saja sudah tidak enak, apalagi sampai melakukannya.

Karena itulah hendaknya kita senantiasa mencontoh Nabi Muhammad SAW, hamba Allah yang tercerdas, yang selalu memanfaatkan waktu dalam setiap hitungan hari, jam, menit dan detik. Beliaulah teladan kita. Teladan yang memberikan contoh terbaik dalam memanfaatkan hidup yang hanya sekejap ini. 

Berikut Adalah 7 Sunnah Harian Nabi Muhammad SAW :

[1] Beristighfar selalu
[2]  Jaga wudhu' terus menerus 
[3]  Jangan tinggal masjid terutama waktu subuh dan isya'
[4]  solat Tahajjud setiap malam
[5]  Membaca al-quran sebelum terbit matahari
[6] Jaga solat sunat Dhuha
[7]  Bersedekah setiap hari

0 komentar:

Posting Komentar