“Keadaan paling dekat seorang hamba dari rabbnya adalah ketika dia dalam keadaan sujud, maka perbanyak doa (di dalamnya).” (HR. Muslim)
Home » » SELESAIKAN MASALAH YG BERLARUT LARUT

SELESAIKAN MASALAH YG BERLARUT LARUT



Asalamualaikum wrwb.manusia dan seluruh isinya adalah hasil ciptaaNya.tentu kuncinya ada pada Allah dan manusianya sendiri yg sudah di beri akal .jika menemui berbagai masalah yg sulit dan berlarut larut lakukan hal berikut ini, insya Allah ditunjukkan jalan

dan celah untuk membantu menyelesaikan masalahmu tentu juga sesuai hukum yaitu sunattullah bisa cepat bisa juga pelan pelan .karena Allah paling tahu apa yg terbaik bagimu. sesulit apapun masalah yang sedang kau hadapi kecil di hadapan Allah

1. Terima dulu, masalahmu sepenuhnya.jangan salahkan siapapun,karena masalah itu hadir karena perbuatanmu di masa lalu atau saat ini, Kecuali Allah sedang mengujimu. Tapi biasanya jika masalah lama tak juga selesai, berarti itu bisa juga karena dosa-dosamu di masa lalu.dan masalah itu pantas untukmu.

2. Sholat taubat .di situlah letak awal benar benar intropeksi diri dan memohon maaf kepadaNya.

3. Doa,dzikir dan istighfar sebanyak banyaknya sambil meresapi dan mengingat berbagai dosa (besar atau kecil) yang pernah dilakukan. Istighfar dengan suara berbisik tapi penuh dengan permohonan kepada Allah.jikalau berat carilah pembimbing spiritual ruhani sesuai agamamu dan ahli sesuai dengan permasalahanya. pasti akan terasa ringan karena mendapat suntikan bimbingan juga semangat dan doa.

4. Maafkanlah semua orang yang telah menyakitimu atau jika kamu salah minta maaflah sebesar apapun masalahnya.Karena Allah saja maha pemaaf.apa lupa jika kita salah juga selalu di maafkan Allah.

5. Bersedekahlah sebesar mungkin semampumu. insya Allah makin besar sedekahnya, maka akan mengangkat berbagai kotoran di hati dan masalah.
sehingga hati lebih plong dan pasrah.

6. Lepaskan berbagai rasa memiliki, ingatlah kita ini tidak punya apa-apa, semua milik Nya, bahkan mata kaki tangan kita pun hanya amanah, bukanlah milik kita. Biasanya kita punya masalah justru menjadi “takut kehilangan”,yg lebih aneh lagi misal orang punya hutang dia punya harta banyak tapi lebih memilih masalah hutang nya berlarut dan membuatnya stress padahal dia mau beres hutangnya secepat mungkin .karena sayang hartanya maka takut kehilangan inilah orang yg di perbudak harta .orang sakit punya harta tetap memilih sakitnya tanpa mau kehilangan hartanya ini juga sama di perbudak harta. padahal kita dari lahir sampai mati tetap tak pernah memiliki apapun, kenapa harus takut kehilangan?

7. Tetap berusaha walau jatuh bangun dan tawakkal penuh kepada Allah, pasrah total.

8. Lakukanlah semua atas dasar niat murni ‘kembali ke fitrah manusia di ciptakan untuk apa .” BERIBADAH KEPADANYA”

9. Lakukan Sholat Hajat dan dhuha .kenapa dhuha dan hajat .karena secara umum masalah dan mendasar berasal dari perihal dasar keinginan dan kehidupan duniawi.

10. Kurangi menikmati yang enak-enak dari sudut pandang jasadi .

Misal kurangi makan yang tak perlu (contoh ngemil, atau makan nambah-padahal sepiring cukup, atau makan yang terlalu enak -berlemak ). gunakan waktu sebaik mungkin dipakai ibadah dan berdzkir .

11. Jangan dipikirin masalahnya, yang penting lakukan saja cara di atas di atas, sebab kalau dipikirin berarti tidak sedang melakukan 10 cara di atas dengan totalitas.

Insya Allah jika di lakukan serius apalagi ada yg membimbing akan faham dan pelan pelan lepas masalahnya.seperti apapun jgn lari dari masalah tapi hadapi dgn segala kemampuan .
Billahitaufik walhidayah wasallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kiriman sedulur sbm google+ di sarikan dari kitab/buku “ngawur nya manusia”  :

Nyai rondo buteng – jogjakarta

0 komentar:

Posting Komentar