“Keadaan paling dekat seorang hamba dari rabbnya adalah ketika dia dalam keadaan sujud, maka perbanyak doa (di dalamnya).” (HR. Muslim)

Sodara


Penulis : Ust. Yusuf Mansyur
Kita punya sodara, kelakuannya jelek. Kita doain dia mati? Atau kita doain dia bener?
Kita punya ayah, ibu, anak, istri, atau ibu-ibu punya suami, kelakuannya jelek. Sifatnya jelek. Kita doain apa beliau-beliau itu?
Jadi, yang namanya doain itu jangan ampe ga sudi. “Saya sebel sama si Fulan. Ngapain saya doain dia?” Jangan. Tetep doain. Gimana doanya? Doain misalnya, agar si Fulan tersebut ga ngeselin lagi. Ga nyebelin lagi. Kalo masih ngeselin dan nyebelin? Ya doain terus. Ga ada ruginya.
Kalo Ustadz Yusuf yang ngeselin? Yang nyebelin? Hehehehe. Apa doanya kawan-kawan?
Nah, begitu juga dengan institusi apapun dan siapapun di negeri ini. Jika dirasa ada yang ga berkenan, kurang berkenan, maka doamu bisa mengubahnya. Jangan gegara kita ga suka, lalu kita ga mau mendoakan. Ntar kalo tambah ngeselin? Tambah nyebelin? Tambah kesel dan sebel sendiri.
Dan jika ga berubah-berubah, liat-liat siapa tau “dia atau mereka” emang dihadirkan sebagai azab buat kita dari Allah. Kudu taubat kitanya.
Kalo sebagai azab, ntar akan terus dihadirkan yang lain-lain lagi dalam keadaan berlipat-berlipat ngeselin dan nyebelinnya. Bahkan nih… bahkan… jika kita nya justru yang ga tobat-tobat… maka… Gimana menurut sodara-sodara?

0 komentar:

Posting Komentar